Rain | Motohiro Hata: Menjadi Soundtrack Film Anime Yang Bertemakan Hujan

"Rain" sebenarnya adalah lagu lama yang ditulis dan dinyanyikan oleh Senri Oe pada tahun 1988. Lagu ini secara khusus diproduksi ulang dan dinyanyikan oleh Motohiro Hata sebagai soundtrack utama film anime yang disutradarai oleh Makoto Shinkai,nama yang sangat terkenal dengan gaya artistiknya yang hiper realistis, yaitu "Kotonoha No Niwa" atau "The Garden of Words".

Seperti judul lagunya yang berarti hujan, film ini pun membuat hujan menjadi setting suasana utama kisah cinta yang pahit manis di antara dua karakter utamanya, seorang anak laki-laki berusia 15 tahun dan wanita berusia 27 tahun yang merupakan guru di sekolahnya.

Menurut Shinkai, selain hujan, puisi Man’yōshū (Koleksi Daun-Daun Yang Tak Terhitung Jumlahnya) dan taman Jepang menjadi inspirasi utama film ini. Film ini mencoba mengisahkan kesedihan dan kesepian yang dialami manusia dalam hidup dan menggarisbawahi pesan bahwa orang di berbagai usia selalu belajar menjadi dewasa, dengan memanfaatkan hubungan cinta antara dua karakter dengan usia yang terpaut jauh.

No comments:

Post a Comment